Minggu, 11 Desember 2011

Peace Studies (Final test, Monday 12 December 2011)

Konsep Penting dalam Peace Studies

Peace Making : tindakan membawa pihak-pihak yang bertikai kedalam perundingan melalui cara-cara damai seperti yang tercantum dalam BAB VI UN Charter. Cara tersebut meliputi Negosiasi, Mediasi, Arbitrasi, dan Pengadilan Internasional. Dengan tujuan untuk mengakhiri kekerasan antara pihak-pihak bertikai.

Peace Enforcement & Peace Keeping
pengerahan pasukan militer Internasional dan personel civil ke daerah konflik dengan tujuan untuk menghentikan permusuhan atau mengawasi persetujuan damai

Peace Keeper
Menjaga genjatan senjata, melindungi operasi humanitarian dan mengimplementasikan perundingan damai. Dengan menjunjung tinggi sifat Netral atau Imparsial dimana dalam pemberian bantuan peace keeper harus netral dan tidak memilih-milih dalam pemberian bantuan.

Peace Building 
Menawarkan kondisi baru tanpa kembali lagi kepada kondisi awal. Mengarah pada kegiatan atau tindakan untuk membangun fondasi damai dan menyiapkan sarana-sarana untuk membangun di atas fondasi tersebut guna mencegah berulangnya perang atau konflik dapat disingkat sebagai aktifitas sehabis perang (Post War Activity), konsep ini diperkenalkan pada tahun 1992 dalan UN Agenda For Peace.

PSO (Peace Support Operation)
Bertugas sekedar menjaga dan memonitoring dalam kapasitas sebagai pemberi dukungan. Mencakup 2 kategori yaitu Peace Keeping & Peace Enforcement keduanya berada pada otorisasi UN (Persekatan Bangsa-Bangsa).
Selanjutnya adalah konsep yang paling ajib dalam penyebutannya yaitu :

DDR (baca: di di ar') hehe : Disarment, Demobilization, Re-Integration
Disarment berpa plucutan senjata berat, ringan, amunisi, bahan peledak, dll. dari para combats atau kelompok bersenjata, sementara Demobilization adalah pembubaran aktif paea combats atau kelompok bersenjata, dan Reintegration adalah proses dimana ada pengalihan status dari combatan menjadi ex-combatan serta mendapat status baru sebagai masyarakat sipil tak brsenjata. DDR merupakan langkah awal menuju perdamaian setalah adanya perang dan konflik. Seperti yang terjadi di Aceh.

PEACE THEORY

Johan Galtung : Peace bukan merupakan hak satu orang melainkan hak semua orang. Peace bukan merupakan antitesis dari perang dan kekerasan karena dalam konteks tertentu perang dan kekerasan di butuhkan untuk menghasilkan perdamaian. (Just War Theory).
Dalai Lama : Perdamaian berawal dari Individu, ketika individu merasa damai maka lingkungan akan menjadi damai begitu juga dengan orang-orang disekitarnya.Galtung juga membagi kekerasan menjadi :
  • Direct Violence : kekerasan secara langsung (Fisik)
  • Structural Violence : kekerasan yang dibangun di dalam sebuah struktur. contohnya seperti dalam sebuah Universitas telah ada sesuatu yang sangat membebani mahasiswa dengan iuran tidak jelas, denda tidak jelas, dan lain sebagainya, yang telah diatur secara baik dan terstruktur oleh orang-orang di balik layar.
  • Cultural Violence : aspek budaya yang bisa digunakan untuk menjustifikasi atau mensahkan tindakan kekerasan langsung (direct) dan struktural. contohnya seperti budaya yang membenarkan bahwa wanita hanya boleh bekerja di dapur.
St. Agustine : perdamaian merupakan tatanan yang adil (Just Order) dan keadaan yang Harmoni. Dalam Konsep Agustine mengenai Peace lebih ditekankan mengenai Inner Peace & Outer peace dan menganggap bahwa peace n justice merupakan dua hal yang tidak dapat dipsisahkan. 2 tipe dari peace yaitu Peace Exsist 'CITY OF MAN dan Peace 'CITY OF GOD'. Peace exist merupakan keadaan dimana manusia yang hidup dalam dunia sementara yang damai hanya berupa sesaat (peace just like breathing time) dan Peace 'CITY OF GOD' merupakan tujuan akhir dari hidup manusia dengan memperoleh kedamaian bersama Tuhan.

Thomas Hobbes : beberapa asumsi penting dari peace menurut Hobbes :
  • peace merupakan Absence of War (ketiadaan perang) serta ketiadaan dari konflik dan kekerasan.
  • kondisi damai merupakan sesuatu yang sementara (like breathing time).
  • manusia hidup dalam state of nature dan state of war.
  • perdamaian tidak bisa abadi karena itu bertentangan dengan human nature.
Immanuel Kant (Perpetual peace):
  • peace merupakan sesuatu yang tidak alami tapi sesuatu yang diusahakan melalui usaha manusia.
  • Kant optimis akan perdamaian abadi karena manusia memiliki reason atau akal sehat untuk mengarah kesana.
  • dengan jalan menuju kesana yaitu negara-negara harus menjadi negara demokratis.
Nagative Peace : tidak adanya perang.
Positive Peace : adanya pengakuan hak-hak terhadap manusia.

Senin, 05 Desember 2011

Militer dan Politik (UAS 6 Desember 2011)

Definisi Militer
  • Merupakan sebuah organisasi dalam suatu negara yang menjadi alat bagi pemerintah untuk menjaga ketahanan sebuah negara dari serangan asing.
  • Sebuah organisasi kekerasan fisik yang sah.
  • Sebagai alat negara yang menjunjung tinggi supremasi sipil.
  • Kelompok yang memegang senjata.
  • Segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata.
  • Memiliki perilaku tegas, kaku, otoriter, dan sistem yang hierarkis.
Militer menurut:
  • Marx, adalah unusur yang utama dari kekuasaan politik dalam negara; siapapun yang ingin merebut dan memgang kekuasaan politik haruslah memiliki tentara yang kuat.
  • M.Wilbur, adalah sistem organisasi politik yang menempatkan kekuatan senjata sebagai semacam "penengah yang normal" dalam distribusi kekuasaan dan pelaksanaan kebijakan
Sementara itu militer sendiri memiliki latar belakan terlahir dari sebuah negara/kerajaan dimana para tentara direkrut dari masyarakat biasa yang dibentuk, dididik, dan dilatih sehingga menjadi personil yang tangguh serta fasilitas yang diterima mereka adalah hal yang membedakan mereka dari masyarakat biasa.

Profesionalisme Militer dan Militer Profesional

Dwi fungsi militer, yaitu :
  • Pertahanan, dimana menyangkut kemampuan pertahanan dari segala potensi ancaman yang ada. dalam hal ini profsionalisme militer mengambil perannya seperti : penguasaan teknologi, strategi, dan inovasi atau modernisasi alutsista (alat utama sistem persenjataan).
  • Politik Sosial, adalah hegemoni pretorianisme kekuasaan militer terhadap masyarakat dan negara (militer profesional)

PRETORIANISME

Mengacu pada situasi dimana tentara tampil sebagai aktor politik utama yang sangat dominan secara langsung menggunakan kekuasaan dan mengancam dengan kekuasaan. Menurut M.H. Eriadi, negara pretorian modern berkembang kecenderungan militer untuk menguasai bidang pemerintahan dalam sebuah negara dalam hal memegang kuasa lembaga Eksekutif.
Maka kesimpulannya adalah Pretorianisme itu adalah campur tangan militer dalam politik sekaligus menjadi aktor politik dalam pemerintahan dengan menyalahi etika profesionalisme mereka.

Pretorianisme menurut:
  • Watkins, Pretorianisme klasik merupakan situasi dimana militer dalam suatu masyarakat tertentu melaksanakan kekuatan politik yang otonom berkat penggunaan kekuatan.
  • Webber, Pretorianisme adalah dominasi honoratiores(orang terhormat, ningrat), jenis kekuasaan yang diterapkan pada kelompok manorial (ksatria) atau kelompok patrimonial (keturunan).
Jenis Militer Pretorian
  • modern proetorian
  • historical pretorian
historikal pretorianmerupakan jenis dimana militer masuk kedalam politik dan pemerintahan namun belum terlalu menguasai seutuhnya pemerintahan, sedangkan modern pretorian adalah dominasi seutuhnya atau penguasaan seutuhnya militer di pemerintahan.., ini menurut pemahaman saya!! :)

Tipe Pretorian
  • Moderator, intervensi berupa penggunaan hak veto terhadap keputusan pemerintah.
  • pengawal, mengawal pemerinahan hingga sispil dianggap mampu lalu dikembalikan.
  • radikal, dominasi seuruhnya.
Ciri Umum Pretorianisme Ekstrim
  • tidak menerima orde sosial yang ada
  • tidak yakin terhadap pemerintah sipil
  • mempunyai organisasi sipil yang independen
  • mengorbankan profesionalisme.
  • tidak gentar terhadap golongan sipil
3 model kontro sipil terhadap pretorianisme adalah, pertama yaitu tradisional, merupakan kontrol sipik yang terdapat dinegara-negara monarki, kedua yaitu liberal, adalah differensiasi tugas dan wewenang antara militer dan sipil, yang ketiga adalah Panetrasi, penebaran ideologi kepada para perwira militer. 

Kondisi Sosial, Politik yang Mendukung Pretorianisme
  • lemahnya kohesi sosial
  • keberadaan kelas-kelas sosial
  • polaritas sosial dan kelas menengah yang tidak terkonsolidasi
  • terdapat perbedaan antara pusat dan pinggiran
  • lemahnya struktur kelembagaan
  • partai-partai politik yang lemah.

Rabu, 30 November 2011

Pengalaman Kebijakan Regional di Italia Selatan


Profil Negara 

Republik Italia
  • Ibu kota               :Roma
  •   Presiden              :Giorgio Naoplitano
  •   Perdana Menteri   :Silvio Berlusconi
  •   Luas wilayah       :301.338 km2
  •   Populasi              :60,1 juta jiwa (UN 2010)

Masalah di Italia Selatan
Italia  secara administratif terbagi menjadi 20 region  yang pembagiannya berdasarkan atas batas batas wilayah. Secara umum kemudian dibagi menjadi 2 wilayah besar  yaitu Italia utara dan Italia selatan.
Italia utara memiliki perkembangan dalam bidang industri yang sangat maju dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, dengan kota Torino, Milano, Genova menjadi  kawasan paling makmur di seluruh Italia Sementara Italia Selatan (Mezzogiorno) meliputi Lazio, Abruzzo, Campania, Basilicata, Molise, Calabria, Puglia, Silicia, Sardegna dan Napoli merupakan daerah tertinggal yang keadaannya jauh berbeda dengan Italia utara.
Kemunduran ekonomi di Selatan ini menurut  dikarenakan kurangnya perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Italia, mengingat daerah ini lebih banyak memunculkan permasalahan seperti masalah kejahatan terorganisasi (mafia) serta arah kebijakan pemerintah lebih melihat ke Utara sebagai lahan yang lebih subur untuk industri dan investasi. Beberapa kendala yang manjadi hambatan terhadap permasalahan di Italia Selatan antara lain disebabkan bahwa lahan pertanian di Selatan cenderung mempunyai landscape yang berbukit-bukit dan kurang subur (tandus); curah hujan yang tinggi pada musim hujan dan kering pada musim panas; masih banyak memanfaatkan sistem pertanian yang masih tradisional dan masih memanfaatkan tenaga binatang untuk pertanian dibandingkan dengan pemanfaatan mesin; kurangnya prasarana transportasi; minimnya sumber daya alam; minimnya pemanfaatan dana, serta; terbatasnya dukungan skill yang memadai keadaan seperti ini menyebabkan banyak dari para petani di Selatan hidup dalam keadaan pas-pasan. Ironisnya dalam kenyataannya masyarakat Italia di Selatan banyak yang beremigrasi ke Utara untuk bekerja disektor sektor industri di daerah segitiga industri di Utara tersebut, negara-negara Eropa lainnya, bahkan hingga ke Amerika Utara dan Australia sejak tahun 1950an dan tahun 1960an.
Dewasa ini, meskipun keadaan ekonomi di Italia dapat dikatakan sebagai negara maju, namun jurang pemisah kemakmuran antara kedua kawasan ini masih terus berlanjut. Italia Selatan masih menjadi kawasan yang kurang menjanjikan di Italia, bahkan di Eropa Barat sekalipun. Permasalahan masih sering menghimpit kawasan tersebut seperti korupsi, kriminalitas terorganisasi maupun tingkat pengangguran yang relatif tinggi. Secara demografis, kawasan Italia Selatan dapat diperinci sbb: dihuni oleh 37% dari total penduduk Italia, 40% dari total daratan di Italia, menyumbangkan hanya 24% dari GDP negara.

PENGALAMAN KEBIJAKAN DAERAH DI ITALIA SELATAN (Mezzogiorno)
(REGIONAL POLICY EXPERIENCE IN SOUTHERN ITALY)

Mari kita mempertimbangkan 2 jenis yang sangat berbeda dari pelayanan negara: tipe A (barang) sepeti keamanan dan keselamatan, jalan raya, air, listrik,  serta  komunikasi dan sebagainya lalu tipe B (jasa) seperti subsidi dan insentif.
Setiap kali sebuah negara menyediakan layanan tersebut, apakah layanan tersebut diberi label “daerah” atau tidak?, hal itu turut mempengaruhi daya tarik dari mana layanan tersebut disediakan. Jadi kebijakan regional melekat dalam setiap aksi publik. Kebanyakan kebijakan daerah dilaksanakan oleh departemen-departeman dalam negara, daerah atau kota yang turut mempengaruhi daya tarik kota-kota metropolitan dalam hal berinvestasi. Tapi hal tersebut tidak berlabel regional (daerah), jadi tentang apakah sebenarnya kebijakan regional tersebut? Ini adalah tentang menempatkan label pada tindakan publik yang memiliki efek teritorial. Kebijakan regional adalah tentang menargetkan beberapa daerah seperti daerah tertinggal, daerah dengan populasi rendah, atau daerah-daerah politik yang sensitif, lalu kemudian merancang dan melaksanakan kebijakan yang ditujukan bagi daerah tersebut.
Hal yang sama juga dengan kebijakan regional Uni Eropa. Lalu apa tujuan spesifik dari kebijakan daerah di Uni Eropa? Yang pertama dan sangat jelas sekali adalah tujuan politik. Di negara federal AS, pemerintah federal mengkompensasi perbedaan siklus ekonomi antara negara bagian AS. Dana federal merupakan salah satu sumber utama penyesuaian siklus ekonomi tersebut, bersama dengan gerakan buruh atau pekerja yang sebagian besar dari dana federal tersebut berasal dari kepemilikan sumber daya masing-masing negara bagian AS dengan kebijakan regional yang dimilikinya.
Bagian yang menarik dari Uni Eropa adalah, dalam rangka penyesuaian dalam bidang struktural dan juga untuk meningkatkan konsensus mengenai Uni Eropa, baik dari daerah slovenia, hugaria timur, italia selatan, dan sebagainya seluruh kebijakan daerah diberlakukan di tingkat Uni Eropa lebih merujuk pada pelayanan tipe A, Dana struktural Uni Eropa dapat meningkatkan efektifitas pelayanan public tersebut (jalan, air, listrik, atau pemeliharaan situs arkeologi)
Mezzogiorno (italia selatan) memiliki sepertiga dari penduduk italia serta menyumbang sekitar seperempat dari produk domestik bruto italaia sejak tahun 1989, sejak saat itu pada tahun 90-an Mezzogiorno masih merupakan daerah dengan 13,5 % pekerja bekerja disektor pertanian, hingga pada tahun 2002 angka tersebut berkurang menjadi 8,6 %. Perubahan ini tampaknya terkait dengan perubahan kebijakan, atau lebih tepatnya sebuah kebijakan yang buruk, jarak antara pusat dan daerah menjadi masalah dalam hal ini, pemerintah berupaya mengangkat pertumbuhan ekonomi di italia selatan dengan mengalihkan sekitar 60% melalui program “Growth Pole Strategy”  melakukan investasi (Pelayanan Negara tipe B) ke wilayah selatan dengan tujuan menciptakan 120.000 lahan pertanian baru, meningkatkan arus modal, meningkatkan perusahaan lokal dan menyediakan lapangan kerja serta mengurangi pengangguran dan kemiskinan namun hal tersebut malah mengakibatkan meningkatnya subsidi serta ketergantungan italia selatan terhadap pusat dan gagal memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.
Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana membawa perubahan? Pemerintah tingkat mana yang harus menyediakan layanan publik? Informasi yang berasal dari dari mana yang dapat djadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan apa yang harus digunakan dan apa yang harus dilakukan dalam membuat kebijakan regional? regional sendiri yang mampu menjawab hal tersebut.
Para agen lokal tahu apa yang harus dilakukan, tapi mereka tidak dapat melakukannya, mereka tidak memiliki lembaga untuk melakukanya, atau sistem dimana mereka dapat mengevaluasi proyek yang harus dilakukan, dan oleh karena itu kementrian ekonomi dan keuangan memberikan daftar 20 institusi di daerah yang harus melakukan perubahan sebelum mereka di beri wewenang tambahan yang tidak lain tujuannya adalah reformasi kelembagaan dan administrasi publik. (anda tidak dapat menyediakan air atau memprivatisasikan sistem air jika anda tidak memiliki administrasi yang mampu menulis penawaran tender atau dokumen pemrograman untuk bernegosiasi dengan sektor swasta). Disinilah Eropa datang dan mengambil perannya,  kebijakan regional Uni Eropa telah memberi kredibilitas dalam kekurangan yang ada di italia selatan hal yang sama pula terjadi di wilayah negara-negara lain di seluruh eropa (EU25), banyak ide-ide, prinsip yang muncul dari wilayah-wilayah lain yang semua bersatu dalam visi kebijakan ekonomi bersama, dan oleh karena itu kebijakan regional Uni Eropa adalah alat yang sangat diperlukan bagi italia selatan.


KEBIJAKAN REGIONAl, Kamus geografi Oxford : Sebuah kebijakan, yang diadopsi oleh pemerintahan yang bertujuan untuk menebus pembanguan yang tidak merata dalam suatu negara dan ketidakseimbangan regional.
Yang tindakannya meliputi: meningkatkan infrastruktur, membangun kota-kota baru untuk memindahkan orang dari daerah miskin dan untuk merangsang industri pembangunan (konstruksi), menyediakan lahan industri untuk mendapatkan pemasukan dari sektor pajak


Sumber:



Minggu, 11 September 2011

Israel Time-Line History

Posting ini berdasarkan buku  yang berjudul "Dasyatnya Lobi-Lobi Gila Internasional Israel". Isinya sangat menarik yang mengupas Israel dari sejarah, geografis, ekonomi hingga politik.
Check this out:
  • 1896, Theodore Herzl kelahiran Budapest mendirikan sebuah negara untuk orang Yahudi di dunia. Herzl ini juga dikenal pendiri Zionisme, yang tidak disetujui oleh orang Yahudi sendiri.
  • 1914, 1200 orang Yahudi hidup di Palestina. Setelah kekalahan kekhalifahan Utsman pada perang dunia I, Palestina menjadi bola permainan para penguasa Zionis yang ada di sisi Inggris dan Amerika.
  • 1917, tanggal 2 November, Menteri Luar Negeri Inggris, Lord Balfour menandatangani Deklarasi Balfour untuk membangun negara Yahudi. Sebulan kemudian masuklah tentara Inggris ke Yerusalem.
  • 1920, gabungan negara-negara menterahkan mandat Palestina ke Inggris. Akibatnya, datanglah 75.000 lagi orang Yahudi ke Palestina. Namun, negara-negara Arab tidak menyetujui didirikannya negara Yahudi di Palestina.
  • 1922, Tarnsjordania dipisahkan dari daerah Manda. Sebagai perwakilan untuk orang Yahudi, maka dibuatlah Jewish Agency. Pada tahun ini, kurang lebih 80.000 orang Yahudi hidup di Palestina.
  • 1933, dimulailah pengejaran sistematis terhadap orang Yahudi yang ada di Jerman.
  • 1936, masyarakat Arab menentang politik masuknya orang Yahudi ke Palestina, tetapi orang Yahudi dibantu oleh tentara Inggris.
  • 1937, sesudah pemerintah mandat membatasi imigrasi dan pembelian tanah oleh orang Yahudi, timbulah ketegangan yang dlakukan oleh organisasi bawah tanah Yahudi.
  • 1939, berdirilah sebuah pendidikan brigade Yahudi untuk memasukan orang Yahudi ke Palestina.
  • 1945, komisi Inggris-Amerika menganjurkan pengiriman 100.000 orang Yahudi di Palestina, tetapi kemudian ditolak oleh Inggris sehingga menyebabkan kerusuhan diantara Yahudi-Palestina.
  • 1947, UNO menganjurkan pemisahan Palestina dan pembentukan negara Yahudi dan Arab.
  • 1948, Inggris mengakhiri mandatnya atas Palestina dan tanggal 14 Mei meninggalkan negara tersebut. Tentara Yahudi memasuki Palestina dan mengusir orang Palestina yang didukung oleh negara-negara Arab. Di hari yang sama, Ben Gurion menyerukan kemerdekaan Israel di kota yang mereka bentuk, Tel Aviv, sehingga menyebabkan perang hari pertama di Timur Tengah.
  • 1949, setelah perang, Israel diakui sebagai Negara oleh UNO. Karena itu, hiduplah ratusan ribu orang Palestina di pengasingan terutama di Gaza. Pemerintah Israel mengumumkan Yerusalem sebagai Ibu kota. Di Palestina sendiri ada sekitar 650.000 orang Yahudi. 

Minggu, 17 Juli 2011

Definisi: Hubungan Internasional

Lagi kumpul bareng sama teman-teman HI Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, sedang tukar pikiran mengenai konsep orientasi mahasiswa baru tahun ajaran baru 2011/2012, sambil searching di google, akhirnya ketemu juga blognya HI warp (thanks gan, infonya bagus2). langsung saja, berikut adalah definisi dari Hubungan Internasional dari para pakarnya :
  • Hans J Morgenthau: Hubungan internasional adalah studi yang membahas tentang lingkup dan sifat dasar dari bidang studi hubungan internasional dalam masyarakat tertentu.
  • Vladimir Lenin: Hubungan internasional sebagai organisasi internasional yang membahas tentang hukum-hukum internasional dan kepentingan-kepentingan nasional.
  • Michael Doyle: Hubungan internasional adalah studi hubungan formal/ non formal dimana suatu negara melakukan kontrol efektif terhadap kedaulatan politik negara lain yang merupakan konsekuensi dan kekuatan-kekuatan pada satu bagian lain dari sistem internasional dan tergantung pada kemampuan dan kepentingan masyarakat yang terlibat.
  • Robert Keohane: Hubungan internasional membahas tentang negara yang mempengaruhi organisasi internasional setiap negara.
  • Kenneth Waltz: Hubungan internasional adalah membahas dan lebih memfokuskan pada suatu era globalisasi dalam hubungan internasional.
  • Henry Kissinger: Hubungan internasional berlangsung pada suatu wilayah yang kurang memiliki otoritas sentral dalam menangani konflik kepentingan dan nilai anar bangsa dimana setiap negara berjuang untuk mendapatkan kekuasaan.
  • Schawarzeneger: Hubungan internasional adalah sebagian dari ilmu sosiologi yang khusus mempelajari tentang masyarakat internasional.
  • Mochtar Mas'oed: Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terlibat bangsa-bangsa yang berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit daripada hubungan antar kelompok.
Sebenarnya masih banyak lagi definisi para ahli mengenai Hubungan internasional, yang berdefinisi sesuai dengan bidang mereka, Hubungan internasional versi militer, politik, ekonomi, budaya, masyarakat internasional, dan lainnya. Sehingga anda setidaknya perlu memiliki gambaran sendiri pada definisi mana anda berada dan memiliki pemahaman sendiri berdasarkan ragam definisi tersebut. Berikut dibawah ini adalah definisi menurut saya sendiri;
"Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara aktor Negara dan non-Negara dalam panggung politik internasional, dimana kepentingan selalu menjadi yang utama dan abadi"
Sumber:HI warp blogg

Sabtu, 16 Juli 2011

Sejarah dan definisi Diplomasi

Hampir seluruh asal kata yang selama ini saya temui, kalau bukan berasal dari bahasa Yunani yang satunya berarti Latin, begitu juga dengan Diplomasi kata ini berasal dari bahasa Yunani yaitu DIPLOUN yang artinya Melipat. Jadi ketika berkata Diplomasi berarti kita berbicara mengenai Melipat? tidak juga, Pada masa lampau (menurut seorang ahli bernama Nicholson) tepatnya pada masa kekaisaran Romawi, bayangkan betapa luas daerah kekuasaan kekaisaran Romawi yang hampir mencakup seluruh bagian dari benua Eropa, nah setiap melewati jalan milik kekaisaran Romawi utusan atau siapapun itu harus membawa paspor, kurang lebih seperti sekarang ini ketika kita mau bepergian ke luar negeri. Paspor atau surat jalan pada masa itu dicetak pada piringan logam (dua piringan logam) dan dijahit menjadi satu dalam cara yang khas. Surat jalan ini (Logam yang telah dijahit) yang kemudian diberi nama dan disebut dengan "DIPLOMAS"
Mengenai Definisi dari Diplomasi, berikut adalah beberapa definisinya :
  • Kamus Bahasa Inggris Universitas OXFORD: Mendefinisikan Diplomasi sebagai manajemen hubungan internasional melalui negosiasi dan diatur oleh duta besar dan para wakil; bisnis atau seni para Diplomat.
  • Sir Ernest Satow, Diplomasi adalah penerapan kepandaian dan taktik pada pelaksanaan hubungan resmi antara pemerintah negara-negara berdaulat.
  • KM Panikkar: Diplomasi adalah seni mengedepankan kepentingan suatu Negara dalam hubungannya dengan Negara lain.
  • Ivo D. Duchacek: Diplomasi adalah praktek pelaksanaan politik luar negeri suatu negara dengan cara negosiasi.
Sedikit dari banyaknya definisi mengenai Dilpomasi di atas kemudian dapat di persempit yaitu Diplomasi yang dilakukan baik oleh semua Negara jelas mengandung atau mengedepankan kepentingan Negara tersebut yang berupa negosiasi dengan tujuan Negosiasi dilakukan secara damai meski hal-hal yang dinegosiasikan berhubungan erat dengan tujuan politik luar negeri masing-masing negara. oleh sebab itu akhir dari sebuah dilomasi yang gagal bisa berupa perang demi mempertahankan kepentingan Nasional masing-masing.

Minggu, 10 Juli 2011

Akibat Kurang Minum Air

Hari ini capeknya luar biasadinosta, jalan kesana, jalan kesini, sampe haus! sementara tempat saya tadi tidak ada yang jual air minum, ada satu pertanyaan yang jawabannya pasti milih minum, pertanyaannya begini, kalau di depan anda ada makanan dan air minum, apa yang anda pilih untuk dipakai bertahan? yaah kurang lebih selama 3 hari! hehehe. (jawab sendiri!)
Sekarang gini, tadi setelah berkelana sebentar di mbah google ada 3 situs yang isinya tidak jauh beda satu sama lainnya tidak tau mana yang asli, pencariannya seputar bahaya kurang minum air putih bagi manusia dan yang saya dapatkan sungguh mengerikan.
langsung saja yah, faktanya sebagai berikut:
  • 80% dari tubuh kita adalah air
  • 95% komponen dalam otak kita adalah air
  • 90% komponen dalam darah kita, juga adalah air
  • Otak akan mencari jalannya sendiri untuk mendapatkan air yang cukup agar dapat bekerja.
  • Ginjal itu seperti penyaring yang salah satu kerjanya adalah menyaring racun dalam darah.
  • Kerusakan pada ginjal menghadapkan anda pada keadaan dimana setiap hari anda harus mencuci darah anda. (-/+ Rp.400.000/ hari)
  • sel-sel otak adalah sel yang paling boros menggunakan air.
Seperti manusia yang harus terus makan, otak juga memerlukan asupan air putih atau air oxygen untuk bekerja, jika kita kurang minum air putih, maka otak akan mencari cara agar dapat memperoleh air, sinyal pertama mungkin adalah rasa dahaga, selanjutnya saran mengenai mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari ternyata benar adanya khusus buat orang yang tidak merokok, namun tidak bagi para perokok mereka memerlukan lebih dari itu. Kita kembali lagi ke otak, sekarang jika otak kekurangan air maka ia akan mencoba menyedot bagian dari tubuh kita yang juga memiliki komponen air dan itu akan disedot dari darah kita sendiri (penyeimbangan diri, self ballance), semakin tubuh kekurangan air semakin otak mengambil porsi air yang ada dalam darah sementara darah juga memerlukannya, apa yang akan terjadi kemudian? darah akan menjadi sangat kental dan peredarannya keseluruh tubuh menjadi kurang enak dilihat alias kurang lancar.
Ketika hal itu terjadi maka ginjal akan berusaha keras menyaring darah kental ini dan kemungkinan terburuknya adalah ginjal mengalami kerusakan atau robek pada salah satu bagiannya dalam bahasa kedokteran dikenal dengan glomerulus, karena ini bukan blognya dokter, saya tidak membahas lebih lanjut lagi mengenai bagian ginjal yang bernama glomerulus ini.
Perjalanan darah yang kurang lancar berpengarih juga pada otak, sel-sel di otak akan mati atau rusak hanya karena kekurangan air (Otak mati, hahaha), menurut saya kalau sudah rusak, hilang ingatan dan akhirnya anda bisa gila. Minum saja kok repot???

sumber: Artikel indonesia, sangmahameru