Sabtu, 13 Oktober 2012

SUAKA DAN EKSTRADISI


SUAKA
ž  MENURUT PENGERTIAN HUKUM INTERNASIONAL, DALAM PENGERTIAN SUAKA (AZYLUM) TERDAPAT 2 KUALIFIKASI YAITU BERUPA (a) TEMPAT BERNAUNGNYA SESEORANG ATAU SEKELOMPOK ORANG YANG SIFATNYA LEBIH PERMANEN DIBANDING DENGAN TEMPAT PENGUNGSIAN SEMENTARA (PENAMPUNGAN); DAN (b) PERLINDUNGAN YANG DIBERIKAN TERSEBUT DILAKUKAN SECARA AKTIF OLEH PENGUASA-PENGUASA NEGARA YANG BERSANGKUTAN.
ž  BERPIJAK PADA BATASAN PENGERTIAN TERSEBUT BERARTI SUAKA ADALAH PERLINDUNGAN YANG DIBERIKAN OLEH PENGUASA NEGARA DI WILAYAH NEGARANYA KARENA ORANG/SEKELOMPOK ORANG TERSEBUT TERANCAM KESELAMATANNYA.

KAIDAH POKOK YANG BERKAITAN DENGAN SUAKA
ž  ORANG ASING YANG DITAHAN DALAM KAPAL ASING YANG ADA DI PERAIRAN SUATU NEGARA TIDAK BOLEH DIBERI SUAKA OLEH NEGARA SETEMPAT
ž  ORANG PELARIAN TIDAK MEMILIKI HAK SUAKA DAN YANG BERHAK MEMBERI SUAKA PADANYA ADALAH NEGARA TEMPAT MEREKA MENGUNGSI.
SUAKA TIDAK AKAN DIBERIKAN OLEH NEGARA MANAPUN PADA PENJAHAT PERANG, PENJAHAT PERDAMAIAN DAN PENJAHAT KEMANUSIAAN.
STANDARISASI DALAM MEMBERIKAN SUAKA
ž  MAJELIS UMUM PBB PADA TANGGAL 14 DESEMBER 1967 MEMBERIKAN REKOMENDASI MENGENAI STANDARISASI DALAM MEMBERIKAN SUAKA, YAITU :
  1. SESEORANG YANG MENCARI SUAKA DARI PENGANIAYAAN TIDAK BOLEH DITOLAK DI PERBATASAN, APABILA ORANG TERSEBUT TERLANJUR MEMASUKI WILAYAH TERITORIAL NEGARA MAKA NEGARA TERSEBUT TIDAK BOLEH MENDEPORTASI SECARA PAKSA. ANDAI PENOLAKKAN SUAKA DIDASARKAN PADA PERTIMBANGAN KEAMANAN DALAM NEGERI MISALNYA PADA KASUS PENGUNGSIAN MASSAL MAKA NEGARA BOLEH MENOLAK NAMUN NEGARA HARUS MEMBERI KESEMPATAN KEPADA PENCARI SUAKA UNTUK MENCARI SUAKA DI NEGARA LAIN, MINIMAL DILAKUKAN DENGAN MEMBERIKAN PERLINDUNGAN SEMENTARA SEBELUM MENDAPAT TEMPAT LAIN.
  2. APABILA SUATU NEGARA MENGHADAPI KESULITAN DALAM MEMBERIKAN SUAKA ATAU MENERUSKAN PEMBERIAN SUAKA MAKA NEGARA LAIN BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN KOLEKTIF (MELALUI PBB) HARUS IKUT MEMPERHITUNGKAN/MENCARIKAN ALTERNATIF PEMECAHAN DEMI RINGANNYA BEBAN NEGARA TERSEBUT BERDASAR PERTIMBANGAN SOLIDARITAS SOSIAL.
  3. SUAKA YANG DIBERIKAN PADA ORANG-ORANG YANG MENCARI TEMPAT MENGUNGSI DAN PENGANIAYAAN HARUS DIHORMATI OLEH SEMUA NEGARA.

SECARA TEORETIS DIKENAL 2 MACAM SUAKA, YAITU :
1.       SUAKA TERITORIAL, ADALAH SUAKA YANG DIBERIKAN DI WILAYAH NEGARA PEMBERI SUAKA. SUAKA INI MERUPAKAN PERLINDUNGAN YANG DIBERIKAN OLEH SUATU NEGARA PADA WARGA NEGARA/BEBERAPA WARGA NEGARA ASING DI WILAYAH TERITORIALNYA.
2.       SUAKA EKSTRA-TERITORIAL ADALAH SUAKA YANG DIBERIKAN DI LUAR WILAYAH NEGARA PEMBERI SUAKA, TETAPI TEMPAT-TEMPAT TERSEBUT DAPAT DISAMAKAN STATUSNYA DENGAN WILAYAH NEGARA PEMBERI SUAKA, MISALNYA PEMBERIAN SUAKA DI KANTOR DIPLOMATIK NEGARA PEMBERI SUAKA YANG BERKEDUDUKAN DI LUAR NEGERI, PADA KAPAL PERANG NEGARA PEMBERI SUAKA YANG POSISINYA DI LUAR TERITORIAL NEGARA PEMBERI SUAKA.

CONTOH:
ž  PERISTIWA TANGGAL 24 NOVEMBER 1994
                PADA SAAT ITU TERDAPAT 29 PEMUDA TIMOR TIMUR YANG SENGAJA MELAKUKAN UNJUK RASA DAN MELOMPAT MASUK KE GEDUNG KEDUTAAN BESAR AS DI JAKARTA. PERISTIWA TERSEBUT TERJADI MENJELANG DILAKSANAKANNYA PERTEMUAN APEC DI BOGOR YANG DIRENCANAKAN BERLANGSUNG TANGGAL 15 NOVEMBER 1995. PARA PENGUNJUK RASA BERMAKSUD MENEMUI WAREN CHRISTOPHER (MENLU AS) ATAU BILL CLINTON (PRESIDEN AS) UNTUK MENUNTUT PEMBEBASAN XANANA GUSMAO YANG TELAH DIJATUHI PIDANA SELAMA 20 TAHUN. AS MENERIMA MEREKA DAN DALAM 10 HARI, PARA PENGUNJUK RASA MEMPEROLEH SUAKA DARI PORTUGAL DAN DITERIMA OLEH PORTUGAL SEBAGAI IMIGRAN. AS DAN ICRC MENYIAPKAN DOKUMEN KEBERANGKATAN PARA PENGUNJUK RASA.

EKSTRADISI
ž  EKSTRADISI ADALAH PENYERAHAN RESMI YANG DILAKUKAN OLEH PENGUASA SUATU NEGARA PADA PENGUASA NEGARA PEMOHON EKSTRADISI ATAS SESEORANG ATAU SEKELOMPOK ORANG YANG DIDAKWA MELAKUKAN PELANGGARAN HUKUM DI NEGARA PEMOHON ATAU DI WILAYAH NEGARA KE-3.
ž  ORANG YANG MELAKUKAN EKSTRADISI BIASANYA MELAKUKAN KEJAHATAN DI NEGARANYA SENDIRI ATAU NEGARA LAIN, TETAPI SETELAH MELAKUKAN TINDAK PIDANA LARI KE NEGARA KETIGA YANG BUKAN MERUPAKAN TEMPAT KEJAHATAN, ATAU MUNGKIN JUGA SESEORANG MELAKUKAN KEJAHATAN DI NEGARA ASING KEMUDIAN LARI KE NEGARANYA SENDIRI.
ž  EKSTRADISI BIASANYA DILAKSANAKAN BERDASARKAN ASAS TMBAL BALIK (RESIPROSITY), ATAU DIDASARI OLEH PERJANJIAN KHUSUS ANTARA DUA NEGARA TENTANG EKSTRADISI.
ž  JIKA KEDUA NEGARA TIDAK MEMILIKI PERJANJIAN EKSTRADISI MAKA PEMBERIAN EKSTRADISI SEMATA-MATA DAPAT DIDASARKAN PADA ASAS SUKARELA DENGA TUJUAN AGAR PELAKU TINDAK PIDANA TIDAK LUPUT DARI PIDANA.
ž  B. SEN MEMBERIKAN KLASIFIKASI SECARA UMUM MENGENAI BERBAGAI MACAM KEJAHATAN YANG MUNGKIN DIEKSTRADISI YAITU PEMBUNUHAN BERENCANA ATAU TAK BERENCANA, PENYERANGAN, PENJUALAN WANITA (BISNIS SEX), PENCULIKAN ANAK, PENYANDERAAN, KEJAHATAN, PENGANIAYAAN, PEMERASAN, SUMPAH PALSU, PEMBAKARAN RUMAH DLL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar