Minggu, 10 Juli 2011

Akibat Kurang Minum Air

Hari ini capeknya luar biasadinosta, jalan kesana, jalan kesini, sampe haus! sementara tempat saya tadi tidak ada yang jual air minum, ada satu pertanyaan yang jawabannya pasti milih minum, pertanyaannya begini, kalau di depan anda ada makanan dan air minum, apa yang anda pilih untuk dipakai bertahan? yaah kurang lebih selama 3 hari! hehehe. (jawab sendiri!)
Sekarang gini, tadi setelah berkelana sebentar di mbah google ada 3 situs yang isinya tidak jauh beda satu sama lainnya tidak tau mana yang asli, pencariannya seputar bahaya kurang minum air putih bagi manusia dan yang saya dapatkan sungguh mengerikan.
langsung saja yah, faktanya sebagai berikut:
  • 80% dari tubuh kita adalah air
  • 95% komponen dalam otak kita adalah air
  • 90% komponen dalam darah kita, juga adalah air
  • Otak akan mencari jalannya sendiri untuk mendapatkan air yang cukup agar dapat bekerja.
  • Ginjal itu seperti penyaring yang salah satu kerjanya adalah menyaring racun dalam darah.
  • Kerusakan pada ginjal menghadapkan anda pada keadaan dimana setiap hari anda harus mencuci darah anda. (-/+ Rp.400.000/ hari)
  • sel-sel otak adalah sel yang paling boros menggunakan air.
Seperti manusia yang harus terus makan, otak juga memerlukan asupan air putih atau air oxygen untuk bekerja, jika kita kurang minum air putih, maka otak akan mencari cara agar dapat memperoleh air, sinyal pertama mungkin adalah rasa dahaga, selanjutnya saran mengenai mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari ternyata benar adanya khusus buat orang yang tidak merokok, namun tidak bagi para perokok mereka memerlukan lebih dari itu. Kita kembali lagi ke otak, sekarang jika otak kekurangan air maka ia akan mencoba menyedot bagian dari tubuh kita yang juga memiliki komponen air dan itu akan disedot dari darah kita sendiri (penyeimbangan diri, self ballance), semakin tubuh kekurangan air semakin otak mengambil porsi air yang ada dalam darah sementara darah juga memerlukannya, apa yang akan terjadi kemudian? darah akan menjadi sangat kental dan peredarannya keseluruh tubuh menjadi kurang enak dilihat alias kurang lancar.
Ketika hal itu terjadi maka ginjal akan berusaha keras menyaring darah kental ini dan kemungkinan terburuknya adalah ginjal mengalami kerusakan atau robek pada salah satu bagiannya dalam bahasa kedokteran dikenal dengan glomerulus, karena ini bukan blognya dokter, saya tidak membahas lebih lanjut lagi mengenai bagian ginjal yang bernama glomerulus ini.
Perjalanan darah yang kurang lancar berpengarih juga pada otak, sel-sel di otak akan mati atau rusak hanya karena kekurangan air (Otak mati, hahaha), menurut saya kalau sudah rusak, hilang ingatan dan akhirnya anda bisa gila. Minum saja kok repot???

sumber: Artikel indonesia, sangmahameru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar