Minggu, 17 Juli 2011

Definisi: Hubungan Internasional

Lagi kumpul bareng sama teman-teman HI Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, sedang tukar pikiran mengenai konsep orientasi mahasiswa baru tahun ajaran baru 2011/2012, sambil searching di google, akhirnya ketemu juga blognya HI warp (thanks gan, infonya bagus2). langsung saja, berikut adalah definisi dari Hubungan Internasional dari para pakarnya :
  • Hans J Morgenthau: Hubungan internasional adalah studi yang membahas tentang lingkup dan sifat dasar dari bidang studi hubungan internasional dalam masyarakat tertentu.
  • Vladimir Lenin: Hubungan internasional sebagai organisasi internasional yang membahas tentang hukum-hukum internasional dan kepentingan-kepentingan nasional.
  • Michael Doyle: Hubungan internasional adalah studi hubungan formal/ non formal dimana suatu negara melakukan kontrol efektif terhadap kedaulatan politik negara lain yang merupakan konsekuensi dan kekuatan-kekuatan pada satu bagian lain dari sistem internasional dan tergantung pada kemampuan dan kepentingan masyarakat yang terlibat.
  • Robert Keohane: Hubungan internasional membahas tentang negara yang mempengaruhi organisasi internasional setiap negara.
  • Kenneth Waltz: Hubungan internasional adalah membahas dan lebih memfokuskan pada suatu era globalisasi dalam hubungan internasional.
  • Henry Kissinger: Hubungan internasional berlangsung pada suatu wilayah yang kurang memiliki otoritas sentral dalam menangani konflik kepentingan dan nilai anar bangsa dimana setiap negara berjuang untuk mendapatkan kekuasaan.
  • Schawarzeneger: Hubungan internasional adalah sebagian dari ilmu sosiologi yang khusus mempelajari tentang masyarakat internasional.
  • Mochtar Mas'oed: Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terlibat bangsa-bangsa yang berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit daripada hubungan antar kelompok.
Sebenarnya masih banyak lagi definisi para ahli mengenai Hubungan internasional, yang berdefinisi sesuai dengan bidang mereka, Hubungan internasional versi militer, politik, ekonomi, budaya, masyarakat internasional, dan lainnya. Sehingga anda setidaknya perlu memiliki gambaran sendiri pada definisi mana anda berada dan memiliki pemahaman sendiri berdasarkan ragam definisi tersebut. Berikut dibawah ini adalah definisi menurut saya sendiri;
"Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara aktor Negara dan non-Negara dalam panggung politik internasional, dimana kepentingan selalu menjadi yang utama dan abadi"
Sumber:HI warp blogg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar