Sabtu, 16 Juli 2011

Sejarah dan definisi Diplomasi

Hampir seluruh asal kata yang selama ini saya temui, kalau bukan berasal dari bahasa Yunani yang satunya berarti Latin, begitu juga dengan Diplomasi kata ini berasal dari bahasa Yunani yaitu DIPLOUN yang artinya Melipat. Jadi ketika berkata Diplomasi berarti kita berbicara mengenai Melipat? tidak juga, Pada masa lampau (menurut seorang ahli bernama Nicholson) tepatnya pada masa kekaisaran Romawi, bayangkan betapa luas daerah kekuasaan kekaisaran Romawi yang hampir mencakup seluruh bagian dari benua Eropa, nah setiap melewati jalan milik kekaisaran Romawi utusan atau siapapun itu harus membawa paspor, kurang lebih seperti sekarang ini ketika kita mau bepergian ke luar negeri. Paspor atau surat jalan pada masa itu dicetak pada piringan logam (dua piringan logam) dan dijahit menjadi satu dalam cara yang khas. Surat jalan ini (Logam yang telah dijahit) yang kemudian diberi nama dan disebut dengan "DIPLOMAS"
Mengenai Definisi dari Diplomasi, berikut adalah beberapa definisinya :
  • Kamus Bahasa Inggris Universitas OXFORD: Mendefinisikan Diplomasi sebagai manajemen hubungan internasional melalui negosiasi dan diatur oleh duta besar dan para wakil; bisnis atau seni para Diplomat.
  • Sir Ernest Satow, Diplomasi adalah penerapan kepandaian dan taktik pada pelaksanaan hubungan resmi antara pemerintah negara-negara berdaulat.
  • KM Panikkar: Diplomasi adalah seni mengedepankan kepentingan suatu Negara dalam hubungannya dengan Negara lain.
  • Ivo D. Duchacek: Diplomasi adalah praktek pelaksanaan politik luar negeri suatu negara dengan cara negosiasi.
Sedikit dari banyaknya definisi mengenai Dilpomasi di atas kemudian dapat di persempit yaitu Diplomasi yang dilakukan baik oleh semua Negara jelas mengandung atau mengedepankan kepentingan Negara tersebut yang berupa negosiasi dengan tujuan Negosiasi dilakukan secara damai meski hal-hal yang dinegosiasikan berhubungan erat dengan tujuan politik luar negeri masing-masing negara. oleh sebab itu akhir dari sebuah dilomasi yang gagal bisa berupa perang demi mempertahankan kepentingan Nasional masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar