Minggu, 05 Juni 2011

APA ITU SINOPSIS ?

Ini dia, agak keluar dari jalur sih, tapi its ok! namanya ilmu itu memang mahal namun ilmu itu harus terus mengalir dari generasi ke generasi(semoga cucu saya dapat membaca ini). setelah menyusun sinopsis tentang sebuah film, sekalian saja saya mau mencoba menjelaskan tentang 'apa itu sinopsis?'
sebelum anda merasa bosan dan mengantuk kita langsung saja ke topik.
Sinopsis berasal dari kata synopical yang berarti ringkas atau dapat diartikan juga sebagai sebuah ringkasan tulisan yang panjang yang ditulis dalam bentuk narasi.

Sinopsis itu adalah deskripsi singkat mengenai keseluruhan isi sebagai contoh sebuah buku yang kemudian menentukan apakah anda ingin membaca lebih lanjut buku tersebut atau tidak.
Fungsinya juga sangat penting, layaknya jatuh cinta pada pandangan pertama sinopsislah yang akan menentukan apakah skripsi, naskah, atau proposal anda akan ditindaklanjuti. Apa yang anda tulis untuk menggambarkan kepada dosen penguji apa isi dari skripsi anda? dan percayalah dosen penguji tidak akan membaca seluruh isi skripsi anda pada saat itu juga disinilah sinopsis mengambil perannya sebagai gambaran mengenai keseluruhan isi skripsi anda.
Meski sedikit (memang sedikit) tapi semoga bermanfaat. dan selamat bersinopis!

3 komentar: