Senin, 13 Juni 2011

PKC - PARTAI KOMUNIS CHINA

Dalam rangka persiapan ujian, bukannya belajar malah ngeBlog. berhubung besok Ujiannya adalah tentang Negara Komunis China, tidak salah juga postingan ini, Tanpa basa basi lagi., lets get it on.....,!!!


PKC (Partai Komunis China)
Partai ini merupakan sumber dari segala kekuasaan yang ada di China dan memiliki kekuasaan untuk melegitimasi dan mengontrol semua organisasi politik. PKC memiliki struktur yang hierarkis, layaknya sebuah piramida maka posisi partai ini berada di puncak paling atas dari piramida tersebut maka garis pertanggung jawabannya akan kelihatan jelas (bawahan kepada atasan). Dengan 4 struktur utamanya yaitu:
  1. Organisasi Pusat
  2. Organisasi Regional dan Propinsi
  3. Organisasi distrik atau Wilayah, dan
  4. Organisasi Primer cabang-cabang partai di sekolah, pabrik, dan perkumpulan-perkumpulan.
ORGANISASI PUSAT
Organisasi Pusat PKC dikenal dengan Kongres Partai Nasional (KPN) yang memegang otoritas tertinggi, sesuai dengan namanya, kongres ini telah menjadi agenda rutin PKC yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Kongres ini mempertemukan seluruh utusan-utusan dari daerah yang tidak diketahui secara pasti bagaimana mereka memilih utusan-utusan ini. Jumlah peserta KPN rata-rata dapat mencapai 1000 utusan maklum saja negara ini terkenal dengan jumlah populasinya yang besar sehingga ada aturan dan hukum mengenai keluarga yang hanya boleh memiliki 2 anak, tidak lain hanyalah untuk membatasi jumlah populasi mereka. Lanjuuut.., dalam KPN ini utusan mengevaluasi serta membahas rekomendasi-rekomendasi dari komite sentral, berkut adalah pembagian agenda yang secara umum dibahas dalam kongres ini yaitu; Laporan politis dari keta partai, laporan revisi partai, dan pemilihan anggota komite sentral dan komite tetap politbiro.
hmmm..., jadi ribet nih mw jelaskan bagaimana lagi, intinya adalah PKC berada pada posisi teratas di Negara ini, dalam PKC sendiri memiliki struktur di mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah, garis besarnya sudah saya tuliskan di atas tentang 4 struktur utamanya, posisi paling atas diisi oleh Organisasi Pusat dalam Organisasi Pusat sendiri terdapat Komite Sentral, nah anggota Komite Sentral ini dipilihnya di KPN.
Berikut adalah penjelasan singkatnya(mudah-mudahan saja jelas, hehe!)
  • KOMITE SENTRAL
Konstitusi partai memberikan kekuasaan tertinggi kepada Komite Sentral (KS) untuk menentukan penyelesaian masalah dan membuat kebijakan ketika partai tidak sedang dalam keadaan bersidang selain itu KS juga bertugas merestui dan mensahkan setiap program, kebijakan atau perubahan yang terjadi di tingkat pusat termasuk semua rencana pemerintah.
  • POLITBIRO dan KOMITE TETAP POLITBIRO
Singkatnya KS memilih anggota politbiro, (masih dalam lingkungan Organisasi pusat) Politbiro bertugas memilih semua pucuk-pucuk pimpinan yang akan duduk di setiap Organisasi politik dari pusat hingga daerah termasuk kantor-kantor partai, pemerintah, militer, sekolah-sekolah,perusahaan, RT,RW, dll.
Politbiro dan Komite tetap pada hakikatnya memiliki kekuasaan tidak terbatas atas kebijakan umum yang secara langsung dapat mempengaruhi organ-organ partai.
  • ORGAN-ORGAN UTAMA LAINNYA
KS dan Politbiro tidak bekerja sendiri mereka turut dibantu pula oleh sejumlah organ-organ terpusat. Ada 4 badan penting Organisasi Partai Pusat Yaitu:
  1. Sekretariat Pusat, menjalankan tugas Administrasi dan mengawasi sejumlah departemen fungsional dalam partai. sekretariat pusat secara keseluruhan berada di bawah politbiro dan komite tetapnya.
  2. Komite Urusan Militer(KUM), tugas umumnya adalah mengawasi administrasi seluruh jajaran angkatan bersenjata dan menyusun kebijakan pertahanan nasional. KUM bertanggung jawab dalam mengatur aktifitas militer partai termasuk menentukan dan memecat personil militer.
  3. Komite Pusat Untuk pengawasan Disiplin, tugasnya (1) memelihara moralitas dan disiplin partai, (2) mengawasi kegiatan partai, (3) mengusud pelanggaran terhadap disiplin partai.
  4. Komisi Penasehat Pusat, bertugas sebagai konsultan dan pembantu politik KS
ORGANISASI REGIONAL DAN PROPINSI
Secara teoritis komite-komite partai pada tingkat ini memperoleh kekuasaan pada kongres-kongres di tingkat provinsi, kongres tingkat provinsi ini diadakan tiap 3 tahun sekali. Tanpa ada panjang lebar lagi komite pada tingkat ini bertanggung jawab untuk  mengawasi dan memberikan pengarahan dalam empat bidang utama yaitu: Organisasi dan Kontrol Partai, aktivitas perekonomian (prtanian, industri, keuangan dan perdagangan), Mobilisasi wanita dan Pemuda, serta riset dalam rangka penyusunan kebijakan.

ORGAN-ORGAN PRIMER PARTAI DAN FUNGSINYA
Tempatnya sih memang paling dibawah namum jangan salah, ini adalah ujung tombak bagi PKC dalam mempertegas garis kekuasaannya, disinilah fungsi-fungsi  Organisasi (Rekrutmen anggota, pendidikan politik dan ideologi tentang garis partai) sungguh-sungguh dijalankan. Daerah kekuasaannya meliputi pelosok terpencil di China.
Sebagai tambahan saja bagi yang ingin menjadi anggota partai(ada yg mau??) cara rekrutmen anggota partai seperti ini, pertama si calon harus mendapatkan rekomendasi dari dua anggota partai setelah calon mengajukan sendiri lamarannya, tahap selanjutnya adalah cabang partai akan memeriksa surat lamaran tersebut termasuk mengumpulkan informasi mengenai si calon (data pribadi), kemudian lamaran akan diterima melalui rapat umum yang dihadiri oleh semua anggota, jika disetujui maka akan ditetapkan oleh Komite partai yang tingkatnya lebih tinggi lagi.
Tidak begitu saja, setelah resmi menjadi anggota partai maka calon harus melaksanakan sejumlah kewajiban lainnya(pendidikan politik), yaitu: mempelajari karya-karya LENIN, MARX dan MAO, mengabdi pada kepentingan masyarakat, memperjuangkan front kerja secara terpadu, dengan sukarela mengkritik dan dikritik orang lain, dan selal berkonsultasi dengan massa...., dan masih banyak lainnya, semua kewajiban ini tidak habis hanya sebagai sebuah wacana belaka, kewajiban ini dijalankan dibawah pengawasan yang tegas. bagaimana dengan Indonesia??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar